Widget HTML Atas

Hardisk Tidak Terbaca atau Bad Sector (Eksternal) ? Begini Cara Memperbaiki Dengan Mudah

Hardisk eksternal tidak terdeteksi atau rusak - Ada beberapa kasus kenapa hardisk tidak terbaca di windows/bios. Masalah itu akan kita bahas di sini. Hardisk sendiri merupakan komponen penting pada perangkat komputer, dimana mampu menyimpan file-file yang sangat penting bagi kamu.
Mengatasi hardisk tidak terbaca

Tentu hal itu sangat merepotkan jika hardisk tidak terdeteksi di komputer yang membuat file-file yang kamu miliki hilang.

Penyebabnya sendiri bisa bermacam-macam seperti kabel data yang tidak terpasang dengan baik, port usb yang sudah berkarat, terdapat bad sector bahkan mungkin saja terkena serangan virus.

Bad Sector sendiri dibagi menjadi 2 macam yang pertama Bad Sector Fisik dimana hard disk mengalami kerusakan pada piringan magnetik yang disebabkan adanya debu yang merusak cluster. Dan itu sama sekali tidak bisa diperbaiki.

Sementara yang kedua Bad Sector logical ini terjadi adanya masalah pada operasi sistem yang terbaca Error Correcting Code (ECC) yang memunkinkan ditandainya sebagai Bad Sector. Kasus ini masi bisa kita atasi dengan low level format untuk memperbaikinya.

Itu beberapa penyebab yang membuat hard disk tidak dapat terbaca dan sekarang saya akan memberikan tips untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Memperbaiki Hardisk Tidak Terbaca

Sebelumnya, perlu kamu ketahui, sebaiknya sambungkan hardisk kamu sebagai external drive ke PC yang normal, dan coba ikuti langkah-langkah berikut ini:

++ Apabila timbul kotak pesan bahwa drive Kamu itu perlu diformat, klik NO ini amat krusial, apabila hingga Kamu terlanjur klik YESkerenanya selesailah telah data Anda akan sirna. Nanti akan susah lagi dan kalaupun sukses akan ada banyak data yang corrupt.

++ Klik START lalu pilih MY COMPUTER dan akan timbul drive dari hardisk yang baru saja kamu colokkan tadi. Klik kanan pada drive-mu, pilih ‘Properties’. Apabila terbukti tak terbaca atau tak mucul hardisk Kamu, loncat ke bagian 5.

++ Nah, selanjutnya akan timbul window yang menunjukkan propertinya. Klik pada tab TOOL

++ Pilih CHECK NOW di bawah ERROR CHECKING untuk mulai menjalankan pemeriksaan error pada hardisk kamu. Centang di bagian window pop-up yang terdapat pertanyaan apakah Kamu berkeinginan Windows memperbaiki error yang ditemukan. Centang pada kotak yang berisi SCAN FOR AND ATTEMPT RECOVERY OF BAD SECTORS. Klik START. Bila kemudian Windows memberi pesan bahwa hardisk tak terbaca dan perlu di bentuk atau format, klik NO.

++ Sekiranya langkah-langkah tadi tak berhasil juga, kini kita coba gunakan command prompt. Klik START>>RUN>>CMD sesudah klik START.

++ Kini ketikkan nama dari drive kamu yang error tadi dengan menambahkan pertanda titik dua. Jadi semisal hard disk yang rusak tadi ada di drive F, karenanya ketikkan F: lalu tekan Enter. Sebab hardisk itu rusak, karena umumnya akan timbul peringatan THE SYSTEM CANNOT FIND THE DRIVE SPECIFIED.

++ Berikutnya langkah terakhir, ini merupakan komponen langkah kuncinya. Ketikkan ‘chkdsk’ di command prompt, tunggu sebagian dikala hingga selesai progres deteksi error hardisknya. Umumnya kencang tergantung banyaknya data yang tersimpan yang pernah diproses pada hardisk. Apabila error-nya terdeteksi, Windows akan menawarkan opsi untuk mengoreksinya. Pilih YES, Selesai

Cara Memformat dan Partisi Hardisk

Kamu bisa memakai alat Windows Disk Management untuk membetulkan partisi dan metode permasalahan file dengan drive . Bila kamu mengamati bahwa drive tak mempunyai partisi, Kamu dapat membikin partisi baru di atasnya . Hal tersebut juga dapatmemungkinkan Windows dan metode operasi lain untuk memakainya.

++ Untuk mengerjakannya, klik kanan di bagian UNALLOCATED SPACE, pilih NEW SIMPLE VOLUME , dan lewatilangkah ini untuk membikin partisi baru .

++ Apabila drive Kamj dipartisi dan Kamu masih tak dapat mengamati, pastikan Kamu sudah menentukan huruf drive sehingga Kamhnbisa mengaksesnya di Windows. Ini umumnya terjadi secara otomatis, tapi kalau Kamu telah secara manual men-setting huruf drive , drive mungkin tak dapat timbul dan bisa diakses di Windows.

++ Untuk menjalankan ini, klik KANAN PARTISI REMOVABLE DRIVE , pilih CHANGE DRIVE LETTER AND PATHS , dan tambahkan huruf drive . Contohnya, tambahkan huruf F: dan removable drive akan {bisa} diakses di F:

Bila drive tak timbulnuntuk dipartisi , mungkin Kamu mempartisi dengan file system yang keliru atau salah. Contohnya, Kamu mungkin sudah memformat drive dengan metode file EXT4 dari Linux atau metode file HFS PLUS dari MAC . Windows tak bisa membaca cara file ini . Formatlah drive dengan cara file NTFS yang lebih baru atau metode file FAT32 yang lebih tua sehingga Windows bisa mengenalinya .

Itulah berbagai metode untuk memperbaiki hardisk yang tidak terbaca. Semoga berhasil

Tidak ada komentar untuk "Hardisk Tidak Terbaca atau Bad Sector (Eksternal) ? Begini Cara Memperbaiki Dengan Mudah"